0

Adab Minum Rasulullah SAW


Hanya ingin sekedar berbagi dengan para pembaca. Didalam agama isl. Aktivitas minum sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Tapi gimana sih sebernanya Adab Minum Ala Rasulullah??? Hal yang sepele mungkin tapi juga punya aturannya. Itulah salah satu bukti Luar Biasanya agama kita yang memperhatikan sampai hal-hal kecil sekali pun.
Makanan dan minuman adalah benda luar yang masuk kedalam tubuh kita dimana makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh kita maka apa yang akan selanjutnya akan terjadi pada tubuh kita. Sebegitu pentignya makanan dan minuman untuk tubuh kita, makan dalam hal proses memasukkannya ke dalam tubuh pun tidak hanya sekedar asal masuk. Saya akan membahas dari segi minuman. lebih tepatnya bagaiamana sih sebenarnya adab minum Rsulullah SAW? Dikarenakan Muhammad SAW adalah suri tauladan kita maka merupakan kewajiban kita untuk mengetahui hal-hal yang beliau lakukan aggar hidup kita senantiasa dirahmati Allah SWT. Nah, teman-teman ternyata dianjurkan untuk kita tidak minum air langsung setelah makan tengah berlangsung. Mengapa??? karena air dapat menetralkan asam lambung kita. Berkurangnya asam lambung yang dikarenakan minum air putih dapat menghambat proses dalam mencerna makanan sehingga hasilnya tidak sempurna. selain itu juga jangan makan air yang terlalu dingin pada hari yang panas. Hal itu akan memberi pengaruh buruk terhadap pencernaan, yang lambat laun akan membehayakan pelakunya. Air dingin dapat menghalangi terjadinya proses sekresi di lambung dan memperlambat proses pencernaan. Nabi Muhammad SAW minum dengan cara menyesap (minum air dengan cara menempelkan bibr ke air) dengan bernapas di luar gelas serta tidak minum dengan cara menenggak. Yang dimaksud dengan menenggak adalah minum air dengan memberi ruang bagi udara untuk masuk ke lambung. Sebab masuknya udara ke dalam lambung menyebabkan rasa sakit dan kembung serta menyulitkan ruang gerak lambung yang imbasnya lambung kesulitan dalam mancerna makanan. Nabi Muhamms SAW juga biasa minum dengan tiga kali teguk, sambil bernafas di antara ketiga tegukkan tersebut di luar tempat minum dan bukan di dalamnya. Sebab bernapas dalam gelas air saat minum sangat berbahaya sekali karena sering kali air masuk ke dalam alat pernapasan yang bisa mengakibatkan penyumbatan.Beliau juga bersabda. "Sungguh, ini lebih mengenyankan, menyembuhkan, dan menyegarkan" diriwayatkan dari Annas. Selain itu Rasulullah juga minum dengan duduk, Anas berkata. "Rasulullah telah melarang minum sambil berdiri" (HR. Muslim) Nah begitulah pemaparan singkat adab Rsulullah dalam minum. Semoga bermanfaat.
Daftar Pustaka: Basith.Abdul. 2009. Pola Makan Rasulullah. Jakarta: Penerbit Almahira.

ps: ini tulisan teman saya ukhti Sabriani Lutfiana Putri, brhubung isi nya bagus dan bermanfaat serta saya yg lagi males posting :p saya minta untuk copas artikelnya. kalau mau lebih jelas bisa di liat : di blog Sabriani

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to Top